La Vita eta bella

In Everything I do. Persahabatan itu seperti Pelangi, warnanya berbeda-beda namun membentuk keindahan

Font Arabic

Ada yang sudah pernah memanfaat kan font arabic?? kalau yang belum dan pengen mencoba mungkin bisa baca tulisan dibawah ini.

Untuk menulis menggunakan huruf arab ada beberapa cara.

1. Merubah settingan di control panel (khusus windows XP)
Sebelum mulai, ada dipersiapkan dulu CD installer windows xp. Versi apa saja terserah, meskipun CD tersebut berbeda versi dengan windows XP yang sedang digunakan.
Caranya adalah di control panel pilih Regional and Language Options. Pada tab Languages beri tanda chek pada pilihan install files for complex script ... kemudian klik Apply. Biasanya akan langsung meminta CD windows. Masukkan saja CD windows tersebut.
Note:
• Tanpa CD windowspun masih bisa kok, tapi harus punya file2 yang diperlukan dalam proses instalasinya.
• Kalau CD windowsnya pertama kali di masukkan dalam drive langsung auto run, cancel ajah instalasi windowsnya
Setelah proses instalasi selesai, bisanya akan muncul windows (dialog box) yang merekomendasikan agar me-restart system. Saran saya



pilih saja No.
Kemudian klik Details pada windows yang sama. Akan muncul windows baru dengan judul Text Services And Input Languages. Klik tombol Add, kemudian akan muncul windows baru lagi. Pada Input Language pilih Arabic (Saudi Arabia), kemudian langsung klik OK.
Sebagai tambahan, klik tombol Language Bar dan beri tanda chek pada Show the Language bar..., sisanya terserah anda. Kemudian klik ok.
Dan Klik OK lagi.
Setelah itu semua, Restart komputer.(untuk mengaktifkan)

Setelah proses restart selesai, tekan tombol left shift dan left alt secara bersamaan untuk mengganti sistem huruf (layout keyboard) yang digunakan, dari english ke arabik dan sebaliknya. Informasi tentang layout keyboar yang sedang digunakan ada pada taskbar di pojok kanan bawah, di sebelah system tray/jam. Jika ikon menunjukkan huruf AR berarti, layout keyboard yang sedang digunakan adalah arabic, dan EN untuk English. Selain dengan menkan tombol keyboard, untuk berpindah layout juga bisa dengan mudah meng klik icon tersebut.
Tips:
Jika ada layout Indonesia, lebih baik Layout keyboard indonesia tersebut di-remove saja, karena sama saja dengan layout english. Dan penghapusan ini akan terasa lebih efisien.

Note:
• Cara ini untuk windows XP(all version) or higher. Untuk windows 2000, coba saja
• Anda juga bisa memberikan nama file atau folder dengan huruf arab. Tapi hati hati dalam penggunaannya. Sebab file/folder yang diberi nama dengan huruf arab, tidak akan terbaca di windows 9x atau me.

2. Untuk windows 9x dan me
Untuk windows defaultnya tidak support multi lingual. Tapi untuk menulis text arabic di windows 9x/me bisa di ms word. Hanya saja ada file yang harus di install terlebih dahulu. Ada software yang bernama addarabictooffice200, silahkan cari sajda di internet. setelah selesai di install, maka akan muncul windows baru, yang kurang-lebih sama dengan windows Text services and input languages (lihat cara no 1). Untuk selanjutnya silahkan lihat cara no1.

3. Dengan menggunakan web.
Cara ini adalah cara yang paling tidak lazim dalam mengetik. Karena topiknya tentang menulis huruf arab di web, maka wajar saja kalau cara yang satu ini saya cantumkan juga OKe.
Gampang sajda. Cari sajda situs yang menyediakan fasilitas penulisan arabic. Jadi untuk mengetik arabic, kita hanya meng klik saja, kemudian hasilnya bisa di copy-paste di tempat yang di inginkan. Situs ini semacam ini silahkan cari sendiri, sy gak tau alamatnya.

Gimana cara kita tahu huruf di keyboardnya? Gampang lihat aja gambar dibawah ini ya..(kalu kekecilan simapan aja gambarnya dan di zoom dech)


NB: maaf seandainya tulisan ini terkesan under-estimate kepada pembaca, saya hanya mencoba menjelaskan lebih rinci lagi, mudah mudahan bisa bermanfaat kepada yang lainnya juga.


1 komentar:

My Place May 19, 2009, 3:21:00 PM  

makasih buat blognya.. bermanfaat banget infonya..

Post a Comment

Pages

About Me

My photo
Ingatlah bahwa dunia ini hanya sementara, hidup yang kekal adalah di akhirat nanti. kalau kita tak takut dosa teruslah berbuat angkara murka, teruslah berbuat dholim, tapi ingat bahwa semua itu tidak akan lama karena kita akan dimintai tanggung jawab atas segala apa yang pernah kita perbuat. Hiduplah sesuka hatimu, tapi ingat kita akan mati. Persiapkan bekal untuk akhirat. salah satu amalan jahiriah adalah ilmu yang bermanfaat. semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua... aamiin :) Allahu Akbar!!!
Wenda Novayani's Facebook Profile
Pesan Hari Ini...

Search

Link exchange

Followers